Fungsi dari exhaust system atau yang biasa disebut knalpot ini sebenarnya “hanya” membuang gas buang yang dihasilkan oleh ruang baker mesin.
Namun jangan dianggap remeh, karena sistem gas buang yang buruk sangat memungkinkan untuk menurunkan performa mesin.
Ujung-ujungnya mesin jadi loyo, tidak bertenaga dan boros bahan bakar.
Ada tiga bagian dasar sebuah system gas buang, yaitu:
1 - header (manifold),
2 - pipa penyalur dan
3 - muffler atau silencer.
Namun dalam perkembangannya, dalam system ini juga terdapat catalytic converter, glasspacks dan resonator.
Manifold atau header adalah bagian yang menempel pada silinder head.
Tugas utamanya adalah mengoptimasi kecepatan aliran gas buang.
Semakin lancar dan cepat, maka kemungkinan peningkatan tenaga dan performa makin besar.
Karena itulah para engine tuner memasukan header custom sebagai salah satu syarat utama agar performa mesin bisa naik.
Masing-masing jalur pipa di-design sedemikian rupa agar mampu mengalirkan udara secara smooth dan lancar agar mengurangi penahanan flow.
Diameter pipa juga bias disesuaikan dengan karakter dan kapasitas mesin yang diinginkan.
Prinsipnya, setiap pipa manifold harus mempunyai panjang yang sama agar kecepatan gas buang yang dihasilkan setiap ruang bakar mempunyai karakter yang sama. Panjang pipa manifold dan tekukannya mempengaruhi performa pada RPM tertentu,manifold header juga bisa dilapisi bahan keramik untuk mereduksi panas.
Konfigurasi yang digunakan biasanya adalah ;
4:1 (empat pipa manifold masuk menjadi 1 bagian pada pipa pembuangan),
4:2:1 (empat pipa manifold menjadi dua bagian terpisah dan kembali menjadi satu bagian pada pipa pembuangan.
Catalytic converter berguna untuk mereduksi tingkat emisi gas buang terutama pada bahan-bahan beracun seperti gas CO.
Tetapi terkadang catalic converter di mobil bisa menjadi penghalang jika kita ingin mendapatkan pembuangan yang lebih lancar, sesuai dengan defenisi penggantian header tentu akan menjadi penghalang jika catalic masih terpasang.
Dengan pelepasan catalic disinilah perlunya perhitungan penggantian pipa baik diheader maupun setelahnya.
Pipa knalpot adalah bagian terpanjang pada struktur konstruksi knalpot.
Bagian ini berfungsi sebagai jalur dan juga menyamakan/equalize tekanan gas yang ada dan menjaga back-pressure serendah mungkin agar tidak merugikan output akhir.
Ukuran diameter biasanya ditingkatkan agar menjadi lebih lancar. Selain itu bahan pipa Monel atau alumunized biasanya dipilih lantaran kuat.
Silencer/muffler adalah bagian paling belakang dari struktur knalpot. Selain mempunyai karakter suara yang diinginkan, bagian ini juga dibuat untuk menjaga tekanan gas buang yang diinginkan.
Design biasanya sudah senyawa dengan design header, diameter pipa dan kapasitas mesin.
Biasanya, system free flow bisa meningkatkan tenaga. Namun ingat, hal ini tidak selalu berbanding lurus.!
Banyak sekali kasus malah tenaga mesin menjadi ngempos alias melemah. Jadi, pilih design knalpot yang sesuai dengan karakter mesin. Coba berkonsultasi dan sesuaikan dengan kebutuhan.
Header knalpot adalah setelah bagian pasar otomotif yang dirancang untuk meningkatkan performa kendaraan.Keuntungan kecil di kinerja difasilitasi oleh knalpot header penting untuk driver,kinerja tinggi membuat para modifikasi inginkan kendaraan mereka memaxsimalkan kecepatan.Modifikasi ini termasuk instalasi ventilasi asupan lebih besar untuk mesin.Header knalpot memodifikasi sistem pembuangan untuk mencegah kembali tekanan, yang berarti bahwa silinder tidak perlu bekerja keras untuk mendorong knalpot keluar seperti yang mereka lakukan dalam sistem tradisional. Ada berbagai jenis knalpot header tergantung pada kebutuhan driver, dengan beberapa menantikan untuk kinerja rendah dan lain-lain ditujukan pada kinerja tinggi di jalan terbuka.
CONTOH DESAIN HEADER
Dalam sistem pembuangan konvensional, setelah membakar silinder, mereka mendorong gas buang keluar ke knalpot manifold , yang rute pembuangan keluar dari kendaraan melalui pipa knalpot . Namun, exhaust manifold bisa membuat tekanan balik yang mendorong terhadap silinder, yang berarti bahwa ia harus mengerahkan lebih banyak energi untuk mendorong gas buang keluar dan mempersiapkan penembakan berikutnya.
Akibatnya, efisiensi beberapa bisa hilang. Semua cara kerja header knalpot berbeda, pada dasarnya membuat miniatur knalpot untuk setiap silinder dan routing pembuangan ke kolektor terpusat yang jauh lebih besar.Pipa-pipa dari header knalpot yang bengkok agar sesuai di bawah dan dipotong panjang yang sama sehingga gas buang akan tiba secara berurutan di kolektor karena setiap kebakaran silinder. Hal ini menghilangkan masalah tekanan balik dan memungkinkan silinder untuk beroperasi secara lebih efektif. Dalam beberapa kasus, sebuah knalpot header dapat disetel untuk menarik di buang katup dari silinder berikutnya dan menyedot knalpot keluar, berarti kurang berhasil bahkan untuk silinder.
Driver yang menginginkan tenaga yang lebih untuk sekedar mengemudi dikota dan akselerasi yang lebih baik di bawah beban berat biasanya memilih untuk kinerja rendah knalpot header,
Sementara pengemudi yang mencari kecepatan di jalan terbuka lebih memilih header yang mampu bekerja di kecepatan tinggi.
INFORMASI TENTANG PEMBAHASAN HEADER
- UNTUK MENENTUKAN MODEL HEADER TERBAGUS DI MOBIL ANDA
- HARGA HARGA HEADER TERBARU
SEMUA BISA ANDA DAPATKAN DENGAN MENGHUBUNGI KONTAK KAMI YANG ADA DI WEBSITE INI BAIK MELALUI SMS-TELP - BBM
sumber:
http://www.gtracingknalpot.com/news/40/Fungsi-Header-pada-mobil
No comments:
Post a Comment